5 Penyebab Web Breaks dalam Web Offset Printing

Dalam cetak offset web, gulungan kertas dilepas pada kecepatan yang sangat tinggi dan web kertas dilewatkan dari penahan gulungan melalui unit cetak ke folder. Di sepanjang jalur web, rol baja dipasang untuk menstabilkan web dengan merentangkannya untuk memberikan ketegangan. Agar jaringan kertas melewati jalurnya dengan kecepatan tinggi dan mencetak dengan benar, itu harus ketat tetapi tidak boleh rusak. Pada mesin web offset paling modern, sensor photocell dipasang di sepanjang jalur web untuk memastikan kelangsungan web sepanjang durasi proses pencetakan. Sensor-sensor ini memberikan sinyal umpan balik kontinu ke kontrol mesin. Ketika ada gangguan sinyal, mesin berhenti untuk menghindari kertas ditarik ke penggulung dan memutar silinder yang menyebabkan kerusakan pada mesin.

Selama pencetakan ada contoh saat web rusak. Ini mengganggu proses pencetakan karena mesin akan berhenti. Penghentian mesin menyebabkan pemborosan tinggi dan efisiensi rendah dan produktivitas. Dengan setiap permulaan, cetakan awal harus dihapus sebelum cetakan kualitas diperoleh. Kualitas akhirnya akan terpengaruh oleh fluktuasi kecepatan karena penghentian dan start up. Untuk meningkatkan efisiensi, meminimalkan limbah, meningkatkan kualitas dan meningkatkan produktivitas, penghentian harus diminimalkan semaksimal mungkin. Web break adalah salah satu penyebab utama penghentian dalam cetak offset web. Berikut ini adalah 5 penyebab utama web break dalam cetak offset web;

Reel cacat

Beberapa gulungan kertas memiliki cacat manufaktur seperti di luar kebulatan, gulungan yang buruk, sambungan yang buruk, benda asing, lem di dalam atau di sisi gulungan, inti gulungan longgar di antara yang lain. Dalam sebagian besar kasus, cacat semacam itu akan menyebabkan kerusakan web saat dijalankan. Gulungan mungkin juga mengalami kerusakan karena penanganan, penyimpanan atau pengangkutan yang buruk. Penyimpanan yang buruk juga dapat mempengaruhi kondisi gulungan baik membuatnya terlalu kering atau terlalu lembab mempengaruhi kinerjanya pada pers. Kertas berkualitas buruk juga akan pecah ketika mengalami ketegangan. Oleh karena itu, cacat gulungan dan kualitas kertas merupakan penyebab utama kerusakan web dalam pencetakan offset web.

Reel berdiri salah

Penyebab utama lain dari web break dalam cetak web offset adalah kondisi gangguan pada stan berdiri. Stand reel dirancang untuk hanya menerapkan tegangan yang benar pada reel seperti yang diminta oleh juru cetak. Dengan menggunakan kontrol pneumatik dan elektronik, rol tegangan menerapkan tegangan pada gulungan dan jaring agar membuatnya meregang keluar dari penahan reel sampai ke unit cetak dan ke folder. Kesalahan dalam kontrol elektronik atau pneumatik atau dalam kalibrasi roller tegangan akan menghasilkan terlalu banyak tegangan atau tegangan rendah. Ini akan menyebabkan web break dan mesin akan berhenti. Karena kesalahan, penyangga reel mungkin tidak dapat berubah dari satu gulungan ke lainnya secara otomatis mengarah ke jeda web. Oleh karena itu, kondisi dudukan reel dapat menjadi penyebab kerusakan web dalam pencetakan offset web.

Kontrol ketegangan yang buruk

Selama operasi pers, pressman menyesuaikan parameter ketegangan web sesuai dengan kondisi pers dan kertas. Tergantung pada penilaiannya, ia dapat meningkatkan atau mengurangi ketegangan kertas di konsol kendali utama dari jarak jauh. Pada konsol ini, wartawan dapat memanipulasi tegangan kertas pada penyangga gulungan, setelah unit cetak atau di folder pada layar pusat dengan satu sentuhan tombol. Jika dia meningkatkan atau mengurangi ketegangan terlalu banyak, web akan rusak dan mesin akan berhenti. Kontrol tegangan yang buruk merupakan penyebab utama web break dalam cetak offset web.

Miskin tinta dan keseimbangan air

Proses pencetakan offset litograf bergantung pada prinsip bahwa air dan minyak tidak bercampur. Dalam istilah sederhana, tinta yang berbasis minyak dan solusi peredam yang berbasis air, diterapkan ke permukaan pelat cetak. Area gambar pelat oleophilic dan akan menarik tinta berminyak dan mengusir larutan peredam sementara area non-gambar dari pelat hidrofilik dan akan menarik solusi peredam dan mengusir tinta berminyak. Keseimbangan antara solusi peredam dan tinta yang digunakan sangat penting dalam mendapatkan hasil cetak kualitas yang bersih. Jika terlalu banyak air diterapkan, kelebihan air akan terserap oleh kertas. Kertas yang direndam air akan mudah patah di bawah tekanan. Penggunaan air yang berlebihan selama pencetakan merupakan penyebab utama web break in dalam pencetakan offset web.

Pola splice yang buruk

Gulungan kertas memiliki ukuran yang berbeda. Bobot dan diameter bervariasi tergantung pada pabrik kertas. Manufaktur yang berbeda menghasilkan gulungan kertas tergantung pada permintaan klien dan pasar. Bergantung pada jumlah salinan yang akan diproduksi, banyak gulungan mungkin diperlukan. Ketika satu reel dikonsumsi, reel berdiri harus berubah menjadi reel baru secara otomatis untuk menghindari penghentian tekan. Agar perubahan ini berlangsung dengan lancar dan dengan kecepatan tinggi, pola sambungan harus dibuat. Web dari gulungan yang kedaluwarsa akan ditempelkan ke reel baru yang kemudian akan terus melonggarkan dan akan dimasukkan ke dalam unit cetak untuk produksi. Agar perubahan ini berhasil dan berhasil, pengaturan pola harus benar. Permen dan indikator sambungan harus ditempatkan pada posisi yang tepat. Pola yang dibuat dengan buruk akan berakhir dalam jeda web karena penyisipan tidak akan akurat atau kuat untuk menahan ketegangan di atas kertas. Oleh karena itu pola sambungan yang buruk merupakan penyebab utama kerusakan web dalam pencetakan offset web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *